10 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari agar Asam Lambung Tidak Naik Drastis

posted in: Uncategorized | 0

Asam Lambung

Pernahkah Anda merasakan sakit lambung hingga kerongkongan akibat kadar asam lambung? Cairan ini merupakan salah satu zat yang terdapat di tubuh kita terutama di lambung, fungsinya sendiri adalah untuk membantu melakukan pencernaan makanan yang kita makan sehingga memudahkan untuk dicerna. Akan tetapi, jika cairan ini terlalu tinggi justru akan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit akibat tingginya kadar asam lambung dalam tubuh disebut dengan GERD.

GERD  kondisi dimana cairan acid heart yang keluar dari lambung mengiritasi esfofagus, yakni bagian yang terhubung dengan lambung. Kondisi ini menyebabkan gejala dari yang ringan hingga sedang-berat seperti serangan jantung yang menyebabkan rasa tidak nyaman di uluhati.

Berikut adalah sembilan jenis makanan dan minuman pantangan asam lambung yang wajib dihindari.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak kemungkinan besar kemungkinan lebih besar menjadi penyebab asam lambung naik. Sehingga mengurangi jumlah asupan lemak akan membantu mengurangi risiko penyakit asam lambung.

Buah-buahan asam

Buah dan sayur adalah asupan penting bagi tubuh manusia. Namun, terdapat beberapa jenis buah dan sayur yang bisa menyebabkan gejala GERD. Agar terhindar dari penyakit asam lambung, Anda perlu menghindari jenis buah seperti jeruk (jeruk bali, lemon, dan nipis), nanas, dan tomat.

Cokelat

Cokelat adalah salah satu jenis makanan lezat yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.Hal ini disebabakan kandungan kafein dan stimulan lainnya yaitu theobromine dalam cokelat yang dapat mengakibatkan peningkatan asam lambung.Tak hanya itu, bahan methylxanthine yang terkandung pada cokelat juga tidak percaya dapat melemahkan kekuatan otot pada katup kerongkongan.

Kafein

Tidak sedikit orang yang merasakan gejala asam lambung setelah meminum kopi. Hal ini terjadi karena kafein dapat mendukung refluks.

BACA JUGA  Cek Ongkir J&T Dengan Mudah dan Cepat

Susu tinggi lemak

Tidak hanya makanan berlemak, susu tinggi lemak juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Jika Anda memiliki risiko yang tinggi, lambung dan ingin mengonsumsi susu, lebih baik pilih susu yang rendah lemak untuk melengkapi nutrisi dalam tubuh.

Peppermint

Peppermint merupakan makanan yang dapat diturunkan mulas yang merupakan gejala dari asam lambung. Peppermint dapat meningkatkan kemungkinan mulas karena dapat melemaskan otot sfingter yang terletak di antara perut dan kerongkongan, yang akan memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Gorengan

Penderita asam lambung sebaiknya menghindari jenis makanan yang digoreng. Pasalnya, makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat merangsang melemahnya otot pada katup kerongkongan. Akibatnya, asam lambung bisa dengan mudah naik dan menjalar ke ulu hati, dada, hingga kerongkongan.

Soda

Soda adalah minuman yang dapat meningkatkan peningkatan asam lambung. Penelitian mengungkapkan bahwa alkohol dapat membuat otot pada katup kerongkongan menjadi lemah. Terlalu sering minum alkohol bisa mengiritasi lapisan kerongkongan secara perlahan. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat membuat kerongkongan lebih sensitif terhadap asam lambung.

Makanan pedas

Makanan pedas, wajib dihindari oleh penderita asam lambung. Hal ini karena makanan pedas, yang biasanya diolah dari cabai, memiliki kandungan zat bernama capsaicin. Zat capsaicin tersebut tidak dapat menghentikan sistem pencernaan, di mana pada orang yang sedang mengalami maag akan semakin memperburuk kondisinya. Lebih jelasanya, semakin lama makanan bertahan di perut, akan semakin meningkat pula risiko naik asam lambung. Hingga akhirnya kerongkongan meradang, dan semakin memperburuk kondisi.

Sumber : https://ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/amp/pr-17910235/10-makanan-dan-minuman-yang-harus-dihindari-jika-tak-ingin-asam-lambung-naik-drastis