Cek Ongkir Pos Indonesia Cepat Dan Akurat

Cek ongkir Pos Indonesia – Ongkos kirim adalah hal yang sangat penting saat kita melakukan pembelian online terutama bagi pembeli. Mereka pada umumnya pasti menanyakan berapa biaya kirimnya ke penjual sebelum membeli produknya. Nah dalam hal ini pihak penjual harus mengetahui ongkir dari masing2 kurir dengan baik beserta lama pengirimannya.

Macam-macam ongkos kirim

Sebelum melakukan cek ongkir Pos Indonesia sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu macam-macam ongkir. Pada dasarnya masing-masing penyedia layanan ekpedisi memiliki metode perhitungan yang berbeda-beda. Masing-masing metode tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa cara yang biasanya digunakan adalah sebagai berikut:

  • Mengukur secara progresif.

Umumnya ongkir ini dihitung secara flat atau sama rata. Metode perhitungan ini hanya didasarkan pada berat dari barang tersebut yang semakin naik dan disebut progresif. Cara ini yang paling sering digunakan oleh jasa ekspedisi.

  • Mengkur secara regresif.

Pada metode ini dikenakan juga perhitungan ongkos minimal. Untuk paket dengan batas tertentu akan dibebankan biaya yang sama. Namun, jika sudah melebihi batas maka akan dibebankan biaya yang cenderung makin menurun sehingga disebut regresif.

  • Perhitungan berdasarkan volume/volumetrik.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada jenis barang yang memiliki ukuran besar, namun memiliki beban yang ringan. Untuk itu, pihak ekspedisi membebankan biaya pengiriman berdasarkan volume dari barang tersebut.

Cara Menghitung Ongkos Kirim

Yang perlu diketahui jika anda mengirim dan menghitung ongkir menggunakan jasa Pos Indonesia. Jika anda mengirim paket ke alamat jasa pengiriman yang berbeda mungkin akan bingung dengan ongkir yang akan dibayar ternyata berbeda cukup besar untuk berat paket dan tujuan yang sama. Misal anda mengirim paket A dengan berat 25 kg dari sidoarjo ke Jakarta. Lewat kurir A biayannya 25 ribu sedangkan lewat kurir B biayanya 35 ribu dan ketika menggunakan kurir C biayanya 50 ribu. Yang menjadi pertanyaan kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan ada beberapa variable ongkos kirim paket. Variabel tersebut antara lain:

1. Berat paket yaitu makin berat paket otomatis ongkos kirimnya makin mahal
2. Jarak pengiriman , makin jauh tujuan paket, ongkos kirimnya makin mahal
3. Jenis layanan. Yaitu paket yang dikirim menggunakan layanan kilat/cepat tentu saja ongkos kirimnya lebih mahal daripada paket biasa/regular
4. Jenis transportasi yang digunakan. Paket yang dikirim menggunakan pengiriman udara tentunya lebih mahal dari paket yang menggunakan pengiriman darat.

Cara Menghitung Berat Paket Secara Volumetrik

cek ongkir j&t

Sebelum mengirim barang atau paket pihak penjual harus mengetahui berat barangnya dan dalam hal ini berat barang dalam dunia ekspedisi atau kurir dibedakan menjadi dua yaitu berat aktual dan berat volumetrik. Berat actual adalah berat barang yang dihasilkan dengan menggunakan alat timbang sedangkan berat volumetric adalah berat yang dilakukan dengan mengalikan panjang, lebar dan tinggi barang kemudian dibagi 6000 dan hasilnya bisa dikatakan berat volume. Misal ada paket besar tapi ringan dengan ukuran P=47 cm, L=30 cm dan T=25 cm maka dikalikan dan dibagi 6000 hasilnya 5,87 kg dibulatkan menjadi 6 kg. Namun ada beberapa kurir yang berbeda dalam menggunakan rumus volumetric yaitu Star cargo, Indah Cargo dan Maxindo Cargo. Ketiga kurir ini menggunakan angka 4000 sebagai pembaginya dan bukan 6000.

Cara Cek Ongkir Pos Indonesia Menggunakan resiku.info

Pada kolom (pilih kota asal)

Silakan pilih kota asal barang dikirim atau kota dari penjual.

Pada kolom (pilih provinsi tujuan)

Pilih Provinsi dimana barang akan dikirim atau Provinsi di mana pembeli berada.

Tarif Pos dihitung per kecamatan. Jadi alamat rumah yang letak geografisnya ada di kecamatan tersebut akan mendapat harga tarif ongkir yang sama.

Pada kolom (kecamatan tujuan)

Silahkan isi kecamatan dari pembeli barang.

Pada kolom (kurir)

Silahkan isi kurir yang sesuai dengan keinginan anda.

Pada kolom berat

Masukkan berapa berat paket yang akan di kirim. Berat barang dihitung dalam satuan gram.

Dan langkah terakhir klik tlisan “cek ongkir” yang berwarna hijau.

Untuk video tutornya bisa lihat di bawah ini

Bagi anda yang ingin membuka situs www.resiku.info di smartphone anda dapat mendownload aplikasinya dengan mudah dari website ini. Aplikasi android ini terletak di bagian bawah kiri yang  bergambar logo android. Untuk ukuran filenya cukup kecil yaitu hanya 15 MB dan dijamin bebas dari virus atau malware. Untuk tampilan antara di komputer dan di android hampir sama tidak ada perbedaan sehingga memudahkan user dalam menggunakannya. Kelebihan dalam menggunakan situs ini adalah cek ongkir semua kurir ada dan ada bisa membandingkan mana kurir yang ongkos kirimnya lebih murah. Dan perlu diketahui aplikasi ini sudah di download berkali-kali oleh para pemilik toko online yang sering mengirim paket ke customernya.

Tinggalkan komentar