Cek Resi Pos Indonesia Dengan Mudah








Nomor Resi

SOCAG00183235715

Kurir

JNE


Tanggal Pengiriman

9 April 2020

Pengirim

Zainal Abidin

Banjeng

Service Code

REG

Penerima

Didin Studio

Bandung


Status

Shipping


    cek resi pos

    Salah satu hal krusial yang lekat dalam dunia jasa ekspedisi atau pengiriman barang adalah resi pengiriman. Bagi pembeli yang melakukan transaksi online pasti menanyakan perihal nomor resi kepada penjual, karena resi dianggap sebagai bukti pengiriman barang. Karenanya penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara cek resi POS, JNE, maupun ekspedisi lainnya.

    Namun sebelum itu mungkin tak sedikit yang belum mengetahui apa sebenarnya fungsi dari nomor resi. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai resi serta cara melacak barang dengan nomor resi.

    Sejarah mencatat keberadaan Pos Indonesia begitu panjang, Kantor Pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.

    Apa Itu Resi?

    Jika diartikan, resi merupakan kode unik sebagai bukti pengiriman suatu barang atau paket. Resi dapat digunakan untuk melacak paket Anda telah sampai dimana, dan tentunya setiap paket memiliki nomor resi yang berbeda-beda pula. Tiap-tiap ekpedisi memiliki nomor resi tersendiri, mulai dari letak angka dan digitnya berbeda satu sama lain.

    Apa Fungsi Resi?

    Tak jarang yang mengetahui betapa pentingnya nomor resi. Tak hanya untuk melacak posisi paket saja, resi rupanya juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting diantaranya:

    • Sebagai Bukti Dari Penjual

    Apabila Anda berbelanja di situs marketplace besar dengan sistem yang terintegrasi, secara otomatis Anda akan mendapatkan nomor resi yang akan dikirimkan melalui email. Namun lain halnya jika Anda berbelanja di toko online biasa yang sistemnya tentu berbeda dengan marketplace, Anda perlu meminta resi kepada penjual sebagai bukti pengiriman paket.

    Untuk itu bagi Anda yang membeli barang secara online, resi dapat menjadi bukti bahwa barang atau paket Anda telah dikirim oleh penjual.

    • Sebagai Alat Komplain

    Tak hanya sebagai bukti penjual telah mengirimkan barang, resi juga dapat berfungsi sebagai alat apabila Anda ingin mengajukan komplain ke pihak ekspedisi. Misalnya barang Anda tertukar, rusak, tidak kunjung sampai, hingga hilang selama dalam proses pengiriman.

    • Meningkatkan Kepercayaan

    Bagi Anda yang membeli barang melalui online, umumnya Anda dapat memilih akan menggunakan jasa ekspedisi apa untuk mengantarkan barang belanjaan Anda. Sebagai pembeli tentu Anda tak hanya mempertimbangkan tarif, namun juga profesionalisme dari jasa pengiriman barang tersebut.

    Karena itu banyak pembeli yang memilih jasa ekspedisi berpengalaman, yang umumnya mengantarkan barang sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan serta memberikan status lokasi barang ter-update. Dengan begitu berkat resi, orang-orang yang mempercayakan barangnya kepada suatu jasa ekspedisi tak perlu khawatir apabila barangnya tidak sampai ke tujuan.

    • Mengambil Barang

    Resi juga dapat digunakan untuk mengambil barang di kantor ekspedisi. Bagi Anda yang tak mau menunggu lama hingga kurir mengantarkan barang ke rumah, Anda dapat menggunakan nomor resi untuk mengambil barang langsung di kantor ekspedisi tersebut.

    Namun sebelum itu pastikan Anda telah mengecek status dari lokasi barang Anda, sehingga nantinya dapat Anda ambil secara langsung di kantor ekspedisi.

    Bagaimana Cara Cek Resi POS, JNE, TIKI, Dll?

    BACA JUGA  Cek Resi JNE Lengkap OKE, REG, YES

    Anda bisa melihat lokasi barang Anda dengan menggunakan resiku.info. Resiku.info membantu Anda untuk tracking atau melacak barang Anda, dengan dukungan jasa ekspedisi terkemuka mulai dari POS Indonesia, JNE, TIKI, J&T, REX, Sicepat, RPX, Wahana, ID Express, SAP Express, Nusantara Card Semesta, Lion Parcel, Ninja Express, dan masih banyak lagi.

    Caranya pun sangat mudah, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

    • Pertama-tama buka browser di smartphone maupun laptop Anda
    • Buka resiko.info
    • Setelah itu pada halaman Resiku terdapat box berisi kolom dimana Anda perlu memasukkan nomor resi dan jasa ekspedisi, masukkan nomor resi pengiriman dan pilih jasa ekspedisi
    • Pastikan nomor resi pengiriman benar dan tidak terjadi kesalahan penulisan, guna menghindari gagalnya pelacakan barang
    • Klik kolom “Lacak Paket”
    • Tunggu beberapa saat hingga status dari lokasi barang Anda tertera di layar

    Bagaimana Cara Kerja Resi?

    Tak sedikit yang bertanya-tanya mengenai cara kerja atau sistem resi. Untuk sistemnya terbagi menjadi tiga bagian, mulai dari Source, Expedition, hingga Destination.

    Source sendiri merupakan tempat dimana pengirim mengirimkan barang. Seluruh barang akan didata dan diberi kode unik atau resi pengiriman yang nantinya dapat digunakan untuk melacak posisi paket.

    Setelah itu berlanjut ke Expedition, yang mana merupakan proses barang dikirim menuju destinasi. Namun sebelum barang dikirim ke lokasi tujuan, barang akan disortir berdasarkan destinasinya lalu statusnya akan diperbarui menjadi Shipping Progress. Kendaraan ekspedisi juga tak menutup kemungkinan dilengkapi dengan GPS, sehingga memungkinkan untuk dapat melacak lokasi barang secara real-time.

    Tibalah dalam proses terakhir yakni Destination, yang merupakan tempat tujuan dari barang yang dikirimkan tersebut. Barang-barang akan diperiksa apakah telah cocok dengan label destinasi yang dikirimkan dari source, apabila telah sesuai maka status barang berganti menjadi Receive on Destination.

     Mengapa Resi Tidak Bisa Dilacak?

    Banyak ditemukan kasus resi yang tidak bisa dilacak atau tidak valid. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Beikut ini alasan mengapa nomor resi pengiriman barang Anda tidak bisa dilacak:

    • Belum Real-Time

    Tak jarang agen ekspedisi yang masih menggunakan pencatatan secara manual, terlebih apabila agen tersebut berada di daerah yang minim jaringan internet. Jika Anda menyerahkan barang di agen ekspedisi kecil, harap bersabar hingga nomor resi di-input secara online di cabang jasa ekspedisi tersebut.

    • Salah Memasukkan Nomor Resi

    Hal seperti salah memasukkan nomor resi sering terjadi, karena banyak orang yang tidak teliti ketika memasukkan nomor resi saat akan melakukan pengecekan. Tak heran apabila Anda salah memasukkan nomor resi, keterangan yang muncul adalah invalid.

    • Nomor Resi Palsu

    Kegagalan pengecekan status barang juga mungkin terjadi apabila nomor resi yang diberikan tersebut palsu. Untuk itu Anda perlu berhati-hati ketika melakukan transaksi online, agar nantinya tidak menjadi korban penipuan.

    • Alat Pelacakan Mengalami Gangguan

    Penyebab lain mengapa nomor resi Anda tidak valid mungkin saja karena alat pelacakan sedang mengalami gangguan, sehingga respon pelacakan lokasi barang pun menjadi lambat. Ciri-ciri lain apabila alat pelacakan mengalami gangguan adalah website atau aplikasi yang tidak dapat dibuka, hingga hasil pencarian dari nomor resi pengiriman tidak dapat ditemukan.

    Itulah informasi lengkap seputar Resi beserta cara cek resi POS yang bisa Anda lakukan melalui resiku.info. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin melacak barang.

    Tinggalkan komentar