No Resi Dan Fungsinya

posted in: Uncategorized | 0

Apa Resi Itu

Seiring dengan pesatnya dunia online berkembang pula bisnis online. Dengan bisnis online maka banyak pula transaksi jual beli yang dilakukan secara online yang pada akhirnya melibatkan pihak ketiga yaitu jasa pengiriman atau ekspedisi. Selain Pos kita bisa menemukan jasa pengiriman lainnya seperti TIKI, JNE, Wahana, Pandu dsb. Lalu apa kaitannya antara jasa pengiriman dan resi? Setiap orang yang mengirim barang melalui jasa pengiriman pasti akan mendapatkan nomor resi dari pengiriman tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Resi adalah tanda terima secara tertulis, artinya apapun itu yang berupa tanda terima tertulis adalah resi, termasuk resi kiriman. Sebagai contoh saat kita membuat KTP, setelah proses pemotretan selesai, kita akan diberikan tanda terima, dan tanda terima tersebut yang akan kita gunakan untuk mengambil KTP kita setelah selesai, tanda terima itu juga disebut resi.

Penting, jika anda melakukan transaksi belanja produk yang berupa barang, mintalah selalu bukti pengiriman kepada penjual, bahwa barang pesanan anda sudah dikirim, Jika dikirim menggunakan ekspedisi (JNE, TIKI, Pos, dlsb) bukti kiriman pasti berupa resi yang ada kode atau nomor, nomor atau kode ini lah yang disebut dengan nomor resi kiriman, nantinya nomor resi kiriman tersebut bisa digunakan untuk melacak status atau posisi barang yang anda beli.

Apabila anda berbelanja disitus marketplace (Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dlsb) dengan sistem mereka yang sudah terintegrasi, sudah pasti nomor resi anda dapatkan (biasanya dikirim melalui email atau SMS) saat seller (penjual yang berjualan dimarketplace) memasukkan nomor resi kiriman dalam system admin seller nya. Dan Anda pun bisa langsung melacak status kiriman anda langsung dari halaman akun anda di website marketplace tersebut.

cek resi

 

cek resi pos

 

Bagaimana jika berbelanja di toko online biasa yang tidak memiliki system seperti marketplace? Anda harus “cerewet” meminta nomor resi kiriman kepada penjual yang produknya anda beli, karena menurut saya pribadi sebagai penjual produk mainan kayu edukatif secara online, no resi tersebut sangat penting dan wajib diinformasikan kepada pembeli.

Fungsi Nomor Resi

No resi adalah nomor bukti pengiriman yang berasal dari jasa logistik/ekspedisi. Umumnya berupa lembaran kertas dengan nomor seri tertentu. Pada nomor resi umumnya tercantum beberapa informasi terkait pengiriman diantaranya, nama dan alamat tujuan, nama dan alamat pengirim, tanggal pengiriman, isi paket, nilai barang, jenis layanan, ongkos kirim dan lain-lain.

Setelah mendapatkan nomor resi kiriman, selanjutnya Anda bisa cek status kiriman barang Anda, pengecekan status kiriman bisa langsung melalui website resmi penyedia jasa layanan ekspedisi, Caranya sangat mudah, Anda buka web resmi ekspedisi, misal untuk Wahana websitenya https://www.wahana.com kemudian masukkan nomor resi kiriman Anda ke kolom lacak kiriman / tracking yang ada diweb tersebut, tekan enter, jika diminta memasukkan kode captcha, silakan ketikkan kode yang Anda lihat. Selanjutnya akan muncul riwayat kiriman dan status barang anda ada dimana.

Selain untuk melacak status posisi barang kiriman anda, resi kiriman juga berfungsi untuk hal lain seperti dibawah ini :

  • Bukti bahwa barang sudah dikirim oleh penjual
  • Sebagai alat untuk komplain ke pihak ekspedisi, apabila barang kiriman anda tidak sampai-sampai, rusak, tertukar, ataupun hilang dalam proses pengiriman.
  • Mengambil barang kiriman kita dari ekspedisi (Apabila kita sudah mengetahui barang sudah sampai dikantor perwakilan ekspedisi didaerah kita, dan kita akan ambil langsung kekantor tersebut)

Jadi, simpanlah nomor resi kiriman Anda sebelum pesanan Anda benar-benar sampai ketangan anda dan isi kiriman tersebut benar-benar barang yang anda beli.

Cara cek nomor resi
Mengecek keaslian nomor resi caranya cukup mudah:
1.Masuk ke website jasa logistik / ekspedisi yang kita pilih
2.Cari kolom untuk cek atau lacak (tracking) paket
3.Masukkan nomor resi
4.Klik OK/YES/Enter

Namun, saat Anda mendapatkan no resi, jangan langsung percaya begitu saja. Nomor resi dapat dipalsukan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk mengelabui customer. Oleh sebab itu, setiap melakukan belanja online, jangan pernah lupa untuk menanyakan nomor resi pengiriman paket dan segera mengeceknya.